Kamis, 17 Maret 2011

METODE KIBAR
“Cara Cepat dan Fasih Belajar Membaca Al Qur’an Bagi Anak”



KIBAR ?
a.    Metode yang disusun secara aplikatif dan efektif, sehingga memberikan kemudahan bagi anak untuk dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar dalam tempo relatif singkat.
b.    Transformasi dari singkatan Kreatif, Inovatif, Brilian, Aktif, Religius.

ENAM PRINSIP METODE KIBAR
1.    Di susun dari huruf yang hampir sama bunyinya.
2.    Di susun dari huruf yang hampir sama bentuknya.
3.    Langsung dikenalkan dengan huruf sambungnya.
4.    Pengenalan tanda baca dimulai dari yang termudah (fathah,fathah Mad, lalu fathah tanwin, dst.)
5.    Semua materi tajwid diajarkan dalam buku kibar C.
6.    Hanya terdiri dari tiga buku (ABC)

UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG MAKSIMAL DENGAN KIBAR
1.    Pengelompokan dalam kelas berdasarkan tingkat kemampuan anak.
2.    Metode belajar yang tepat            (Metode Kibar & Klasikal Plus)
3.    Waktu belajar yang efektif            (Maks. 6 bulan: @ 2 bulan)
4.    Pemantapan bacaan Al Qur’an     (Tadarus di TPA & di rumah -darling-)

KIBAR dengan Klasikal Plus
  • 1 kelas dengan halaman/ pelajaran yang sama/    Menyamakan bacaan Ustadz dan Santri
  • Penguatan bacaan-bacaan sebelumnya
  • Mempercepat kelancaran bacaan
  • Menumbuhkan semangat kompetisi
  • Biaya yang dikeluarkan lebih ringan

CARA MENGAJARKAN:
1.    Ustadz mencontohkan materi bacaan menggunakan alat peraga.
2.    Santri menirukan bacaan tersebut secara bergantian.
3.    Kemudian satu kelompok santri (baris terdepan) secara bergilir membaca baris pertama, dilanjutkan santri berikutnya membaca baris kedua, begitu seterusnya.
4.    Setelah semuanya membaca secara klasikal, kemudian ustadz menyimak satu persatu santrinya.

ALOKASI WAKTU YANG DIPERLUKAN

Materi    Waktu Max.    Pertemuan    Jumlah Siswa & Guru  Dalam Kelas      
A - B - C    6 bulan (@ buku: 2 bln)       5 x pertemuan. + 60 menit     Tiap halaqah/ 10 anak/ 1 guru.    


KOMPOSISI BUKU KIBAR .A.
a.    Dimulai dari huruf yang hampir sama bunyi dan bentuknya
b.    Langsung  dikenalkan dengan huruf sambungnya
c.    Pengenalan bacaan Mad (panjang)
d.    Pengenalan Fathah tanwin
e.    Setiap halaman terdapat huruf Hija’iyah, sebagai pengingat sekaligus bahan evaluasi.
f.    Halaman 28 dan 38 sebagai bahan efaluasi kenaikan buku

KOMPOSISI BUKU KIBAR .B.
a.    Pengenalan harakat kasrah (tanda baca ‘i’)
b.    Pengenalan kasroh tanwin
c.    Pengenalan dhummah
d.    Pengenalan dhummah tanwin
e.    Pengenalan tanda sukun
f.    Pengenalan huruf-huruf dan bacaan Qolqolah

KOMPOSISI BUKU KIBAR .C.
a.    Pengenalan Cara Waqaf/ Berhenti
b.    Pengenalan Huruf Bertasydid
c.    Pengenalan Mad Wajib & Mad Jaiz
d.    Pengenalan Bacaan Ghunnah, Idgham, dll.
e.    Pengenalan Bacaan Ikhfa’
f.    Pengenalan Fawatihussuwar (Awal Surah)

STANDARISASI BACAAN SANTRI PADA KENAIKAN BUKU KIBAR
Buku Kibar A
"    Santri dapat membedakan bunyi huruf yang hampir sama pengucapan dan bentuknya
"    Santri mampu menyambung huruf-huruf hijaiyah
"    Santri mengenal dan mampu membaca huruf mad (panjang)
"    Santri mampu membaca fathah dan fathah tanwin dengan baik

Buku Kibar B
"    Santri mengenal dan dapat membaca kasrah dan kasrah tanwin
"    Santri dapat membaca dhummah dan dhummah tanwin
"    Santri mengetahui tanda sukun
"    Santri memahami bacaan Qalqalah

Buku Kibar C
"    Santri menguasai bacaan waqof, tasydid, mad wajib, dan mad jaiz.
"    Santri menguasai bacaan Idghom Bigunnah dan Bilaghunnah, Iqlab, Ikhfa’, dan Idzhar
"    Santri menguasai bacaan Idgham Mimmi, Ikhfa’ Syafawi, dan Idzhar Syafawi
"    Santri menguasai bacaan fawatihus suwar (mad Lazim Kilmi dan Harfi)
"    Santri dapat tartil dan fasih membaca Al Qur’an dengan menggunakan irama rost

STANDARISASI USTADZ/AH (PENGAJAR) METODE KIBAR
"    Menguasai Tahsinul Qira’ah dan dapat mengucapkan Makharijul Huruf dengan baik.
"    Memahami metodologi dan teknik pengelolaan kelas serta belajar-mengajar dengan metode Kibar.
"    Memiliki Syahadah untuk mengajarkan metode Kibar.
"    Memiliki kepribadian yang baik, ikhlas, berjiwa pendidik, kasih-sayang terhadap anak, dll.
"    Memiliki ‘azzam (kemauan kuat) untuk terus menerus belajar dan mengajar.




Muhammad Sholihuddin, S.Q

Pengasuh Forum Halaqah Huffadzul Qur’an & Trainer Kibar Institut Jogjakarta.
(mh.solih@yahoo.com/ Hp: 081904126541)

12 komentar:

  1. silahkan hubungi email kami di; mh.solih@yahoo.com

    BalasHapus
  2. berapa ya harganya untuk satu paketnya

    BalasHapus
  3. kalau beli bukunya bgmana caranya?. Saya mau beli 1 paket.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum ust.
    Saya punya paket kibar A B C tapi Ada gak ya buku teks tentang kibar?
    Yg isinya tentang metode, standarisasi belajar dan juga kmposisinya dsb..
    Klo ada saya mau beli.

    BalasHapus
  5. ASSALAMUALAIKUM..SAYA GURU DARI MALAYSIA..BAGAIMANA CARA UNTUK SAYA MENDAPATKAN SET BUKU INI YE?

    BalasHapus
  6. ASSALAMUALAIKUM..SAYA GURU DARI MALAYSIA..BAGAIMANA CARA UNTUK SAYA MENDAPATKAN SET BUKU INI YE?

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara memesan buku ini

    BalasHapus
  8. apakah kepanjanjangan dari Kibar ?

    BalasHapus